Tuesday, June 26, 2012

1.300 Peserta Mengikuti Seleksi RSBI


BANDUNG, (PRLM).- Lebih dari 1.300 peserta mengikuti seleksi terbuka Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMPN 2 Bandung dan SMPN 5 Bandung yang digelar Senin (4/6). Selama tiga hari hingga Rabu (6/6), para siswa SD yang berasal dari sejumlah daerah ini menjalani tes akademis, tes bahasa Inggris, dan tes TIK (komputer).
Ditemui di SMPN 2 Bandung, Senin (4/6), Kepala SMPN 2 Bandung Nandi Supriyadi menuturkan, di SMPN 2 peserta yang mendaftar sebanyak 691. Namun yang memenuhi persyaratan 690, sementara satu pendaftar tidak memenuhi syarat nilai. "Dari jumlah tersebut yang hadir saat tes ada 622 peserta. Sebanyak 68 peserta tidak hadir. Mungkin sakit, atau sudah mendaftar ke sekolah swasta," ujarnya.
Menurut Nandi, para peserta seleksi terbuka ini berasal dari Kota Bandung dan sekitarnya. Bahkan beberapa di antaranya berasal dari luar Jawa seperti Batam, dan Balikpapan. "Karena ini seleksi terbuka, pesertanya juga dari berbagai daerah. Tapi tetap mayoritas dari Bandung dan sekitarnya," ucapnya.
Nandi menjelaskan, rencananya SMPN 2 Bandung akan menerima 9 rombongan belajar pada penerimaan peserta didik baru tahun 2012. Dari sembilan rombongan belajar yang akan diterima, tujuh rombel diterima melalui seleksi terbuka. Sementara dua kelas lainnya diterima melalui PPDB jalur nilai Ujian Nasional.
"Jumlah siswa per kelas sesuai aturan RSBI sekitar 26 siswa per kelas. Sementara itu untuk jalur non akademis akan menerima 10 persen dari kuota keseluruhan. Kemungkinan 3 siswa untuk prestasi dan 3 siswa untuk siswa tidak mampu," katanya.
Terkait siswa yang akan diterima melalui jalur non akademis prestasi, Nandi menjelaskan, SMPN 2 Bandung fokus pada prestasi dalam bidang olimpiade sains. Artinya siswa yang mendaftar dan diterima melalui jalur non akademis diprioritaskan memiliki prestasi dalam olimpiade sains.
Hal lainnya, Nandi menambahkan, untuk hasil seleksi terbuka RSBI ini rencananya akan diumumkan pada 23 Juni mendatang. Rencananya pengumuman dilaksanakan langsung di sekolah dengan memanggil orang tua siswa yang bersangkutan. "Rencananya setelah masuk baru psikotes," tuturnya.
Sementara itu, Kepala SMPN 5 Bandung Yusuf menuturkan, di SMPN 5 peserta yang mengikuti seleksi terbuka RSBI sekitar 706 peserta dari 768 pendaftar. Sebanyak 62 peserta tidak hadir dalam seleksi yang digelar selama tiga hari ini.
"Materi tes sama saja dengan RSBI lainnya. Akademis terdiri dari pengetahuan umum, matematika. Kemudian tes bahasa Inggris, dan terakhir TIK," katanya.
Yusuf menjelaskan, tahun ini SMPN 5 Bandung rencananya menerima 9 rombongan kelas. Tujuh kelas melalui jalur seleksi dan dua rombel melalui PPDB jalur nilai Ujian Nasional.
"Per kelas rencananya diisi 24 sampai 30 siswa. Tapi kami belum menentukan angka pasti berapa siswa yang diterima. Sebab dikhawatirkan ada nilai-nilai yang sama atau siswa yang berada di daerah abu-abu. Jadi belum ditetapkan apakah nanti 26, 28, atau 30. Akan kita sesuaikan. Sementara untuk jalur non akademik sesuai aturan 10 persen dari kuota total, jadi sekitar 5 orang yang diterima. Untuk prestasi diutamakan dari prestasi bidang sains," ungkapnya. (A-157/A-147)***

2 comments:

Rizkia Nurwulan Sari said...

RSBI itu singkatan apa?

Dyaztari said...

rintisan sekolah bertaraf internasional

Post a Comment

Ayo berkomentar demi kemajuan blog ini !